3 Cara Membuat Ranking Dalam Excel

Mengurutkan dan merangking peringkat kelas sangat bisa dilakukan dalam Microsoft Excel. Pada tutorial kali ini , excelnoob akan membahas 3 cara membuat rangking dalam rumus Excel agar kegiatan menghitung rangking secara manual terhindarkan.

Ketiga cara yang akan dibahas ini bisa digunakan sesuai dengan kriteria penilaian yang diberikan. Karena ke tiga cara ini memiliki perbedaan masing-masing dalam menghasilkan ranking nilai.

1. Ranking Sesuai Nilai dengan Ranking Duplikat

Jenis ranking yang pertama adalah Ranking biasa, dimana Untuk Ranking yang memiliki nilai yang sama akan mendapatkan Ranking yang sama juga dan Ranking setelahnya akan dilewati sebanyak Ranking yang sama tersebut.

Rumus yang digunakan untuk ranking jenis ini adalah rumus standar dari Microsoft Excel tanpa ada penggabungan rumus.

=RANK.EQ(Nilai,Ref Nilai, [Order])

Rumus RANK.EQ adalah rumus pengganti untuk Rumus RANK rumus ini lahir di MS Excel 2010. Jadi bagi yang sudah menggunakan Microsoft Excel 2010 keatas, cara meranking di Excel 2010 adalah menggunakan RANK.EQ untuk Excel dibawah 2010 bisa gunakan rumus RANK.

Contoh pengunaan Rumus bisa dilihat digambar dibawah ini

Sifat dari rumus Rank ini:

  • Nilai Yang sama akan mendapatkan Ranking yang sama
  • Ranking Selanjutnya dari Point 1, akan dilewati sebanyak ranking yg sama (Lihat Gambar)

Pada jenis Ranking pertama ini, untuk nilai yang sama akan memiliki Rangkin yang sama, pada contoh gambat diatas, Ranking 2 dan Rangking 5 duplikat karena nilainya sama. kemudian tidak ada Rangking 3 dan 6. Rangking 3 dan 6 di lewati karena nilai tersebut untuk Rank Duplikat sebelumnya. Sehingga urutan rangking menjadi (1,2,2,4,5,5,7….).

2. Ranking Duplikat Tanpa Melewati Ranking

Jenis rangking kedua ini hampir mirip dengan Ranking jenis pertama dimana untuk nilai yang sama akan diberikan Ranking yang sama juga.

Perbedaan untuk ranking jenis kedua ini adalah terletak di Ranking selanjutnya setelah rangking yang sama tersebut. Pada Jenis Ini Rangking selanjutkan tidak akan melewati Rangking Duplikat.

Rumus yang digunakan untuk ranking jenis ini adalah menggabungkan rumus SUMPRODUCT dengan COUNTIF

=SUMPRODUCT((C3<=$C$3:$C$18)/COUNTIF($C$3:$C$18,$C$3:$C$18))

Sifat dari rumus Rank ini adalah :

  • Nilai Yang sama akan mendapatkan Ranking yang sama
  • Ranking Selanjutnya dari Point 1, akan teruskan (Lihat Gambar)

Pada jenis rumus rank ini, nilai yang sama masih mendapatkan Ranking yang sama.

Kelebihan dari rumus jenis ini adalah ranking selanjutkan akan diteruskan sesuai dengan urutan rangking. Sehingga urutan rangking tetap berurutan (1,2,2,3,4,4,5,….)

3. Ranking Tanpa Duplikat (Double Rank)

Jenis rangking ke tiga adalah rangking tanpa duplikat atau double, Nilai yang sama akan diberikan ranking yang berbeda sesuai dengan urutan dari nilai-nilainya.

Rumus yang digunakan untuk membuat rangking adalah rumus gabungan RANK.EQ dan COUNIF. Rumus ini dibuat agar rumus rank tidak double

=RANK.EQ(C3,$C$3:$C$18)+COUNTIF($C$3:C3,C3)-1

Sifat dari rumus Rank ini adalah :

  • Nilai yang sama akan mendapatkan nilai yang berbeda

Pada rangking jenis ini, nama yang memiliki nilai yang sama akan diberikan rangking berbeda sesuai dengan urutannya.

Sehingga pada urutan rangking tidak ditemukan rangking yang duplikat atau double. Urutan rangking pada jenis ini urutannya menjadi unik (1,2,3,4,5,6,7)

Kesimpulan

Ketiga rumus ranking diatas bisa digunakan sesuai dengan sarat-sarat yang ditentukan sebelumnya. Apakah dalam peringkat kelas diperbolehkan adanya rangking doble atau tidak.

Agar lebih terlihat jelas perbedaanya, bisa lihat perbedaan dari ketiga rumus diatas pada gambar dibawah ini.

Demikianlah perbedaan dari rumus rank yang bisa dibuat di Microsoft Excel ataupun spreadsheet lain agar kegiatan menghitung rangking tidak dilakukan secara manual.