3 Cara Untuk Menghitung Umur Dengan Rumus Excel

Jika kamu ingin menghitung umur seseorang berdasarkan tanggal lahirnya, kamu bisa dengan mudah melakukannya dalam Microsoft Excel. Ada beberapa rumus yang bisa digunakan untuk menghitung umur dengan rumus Excel. Rumus-rumus tersebut akan dibahas satu-persatu pada pembahasan kali ini.

Sebelum melanjutkan pembahasan, agar kamu bisa melakukan perhitungan usia seseorang dengan menggunakan Excel, pastikan kamu sudah menginputkan tanggal lahir dengan benar. Cara menginput tanggal yang benar adalah dengan tidak memasukan jenis TEXT ke dalam tanggal. Karena Excel hanya mengenali input tanggal sebagai number.

Cara paling mudah untuk mengecek apakah tanggal yg kamu inputkan sudah benar atau belum adalah dengan mengeceknya dengan bantuanya rumus ISNUMBER. Jika hasilnya TRUE berarti tanggal yg diinputkan ke dalam Excel sudah benar tetapi jika hasilnya FALSE bearti Tanggal yang diinputkan masih berupa TEXT. Jika masih text hasil yang akan didapatkan dari hasil ke tiga rumus dibawah ini akan menghasilkan #VALUE.

Rumus Excel Untuk Menghitung Umur

Ada berapa rumus yang bisa digunakan untuk menghitung umur seseorang dalam Excel. Disini Excelnoob telah merangkum menjadi 3 kelompok rumus saja untuk memudahkan. Ketiganya bisa dengan mudah menghasilkan usia seseorang hanya berdasarkan tanggal lahir.

Rumus Pengurangan dengan TODAY

Rumus yang pertama adalah rumus dengan melakukan pengurangan secara langsung, yaitu Tanggal hari ini dikurangi Tanggal lahir kemudian dibagi dengan 365. Angka 365 didapatkan dari jumlah hari dalam setahun.

=(Tanggal Hari ini - Tanggal lahir) / 365

Untuk mendapatkan tanggal hari ini secara dinamis dan otomatis, kamu bisa menggunakan rumus TODAY(). Rumus today akan menghasilkan tanggal hari ini kapanpun Excel ini dibuka. Sehingga untuk contoh penggunaan rumusnya menjadi seperti dibawah ini.

Menghitung Umur dengan Today
=(TODAY()-C4)/365

Jika nilai yang dihasilkan tidak bulat, kamu bisa melakukan pembulatan dengan menambahkan rumus INT atau ROUNDDOWN. Setelah ditambah pembulatan maka hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.

Menghitung Umur dengan Today Bulat
=INT((TODAY()-C4)/365)

Rumus Menghitung Umur Dengan YEARFRAC

Rumus yang kedua yang bisa kamu gunakan untuk menghitung umur seseorang adalah dengan bantuan rumus YEARFRAC. Penggunaan rumus ini cukup mudah hanya tinggal memasukan rumus Tanggal hari ini dan juga tanggal lahir. Rumus ini juga memiliki keunggulan jika dibanding dengan rumus sebelumnya.

Dengan menggunakan rumus YEARFRAC keuntungan yang bisa didapat adalah perhitungan hari akan dihitung secara aktual. Misalnya pada tahun-tahun kabisat perhitungan hari tidak akan selalu dihitung dengan jumlah 365 hari saja melainkan akan dihitung dengan perhitungan hari aktual.

Sintaksis yang diperlukan dalam penggunaan rumus YEARFRAC adalah sebagai berikut.

=YEARFRAC(Tanggal Lahir, Tanggal Hari ini,1)

Dalam penggunaan rumus ini, kamu hanya tinggal memasukan masing-masing tanggal kedalam parameter YEARFRAC. Untuk tanggal lahir bisa diisi dengan Alamat cell dimana Tanggal lahir berada, sedangkan Tanggal hari ini bisa mengunakan rumus TODAY. Angka 1 yang berada pada rumus menunjukan basis perhitungan hari yang digunakan. 1 artinya menggunakan perhitungan Aktual.

Contoh penggunaan rumus YEARFRAC bisa dilihat pada contoh dibawah ini.

Menghitung umur dengan YEARFRAC
=YEARFRAC(C4,TODAY(),1)

Untuk pembulatan usia, sama seperti rumus sebelumya, kamu bisa menggunakan rumus INT ataupun rumus ROUNDOWN.

Rumus Menghitung Umur Dengan DATEDIF

Rumus yang ketiga adalah rumus yang tepat untuk menghitung umur seseorang. Rumus DATEDIF adalah rumus Excel yang tersebunyi. Walaupun rumus ini tidak tampil dalam bantuan rumus Excel, rumus ini masih bisa digunakan sampai saat ini termasuk dalam Excel paling baru.

DATEDIF tidak muncul

Rumus DATEDIF memang tidak ditampilkan pada list Formula Excel dan hanya di dokumentasikan sampai dengan versi Excel 2000 saja. Walaupun bergitu, rumus ini masih bisa digunakan. Untuk penjelasan lengkap tentang rumus DATEDIF ini kamu bisa baca di artikel menghitung selisih tanggal dengan DATEDIF.

Sintaksis dalam rumus DATEDIF adalah sebagai berikut :

=DATEDIF (Tanggal lahir, Tanggal hari ini, Unit)

Dengan menggunakan rumus DATEDIF, informasi yang ditampikan bisa lebih informatif karena DATEDIF memiliki beberapa Unit parameter yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi selisih tanggal. seperti diantaranya :

“Y” Menghitung Selisih Tahun
“M” menghitung Selisih Bulan
“D” Menghitung Selisih Hari
“MD” Menghitung Selisih Hari (Sisa) dengan mengabaikan Bulan dan Tahun
“YM” Menghitung Selisih Bulan (Sisa) dengan mengabaikan Tahun
“YD” Menghitung Selisih Hari (Sisa) dengan mengabaikan Tahun

Untuk contoh penggunaan rumus DATEDIF dalam menghitung usia adalah sebagai berikut:

Rumus menghitung Umur dengan DATEDIF
=DATEDIF(C4,TODAY(),"Y")

Dalam unit kamu bisa mengisi informasi apa saja yang ingin ditampilkan misalnya usia yang ingin ditampikan lengkap dengan bulan, tahun dan hari nya. Maka rumus yang bisa digunakan adalah seperti dibawah ini.

Menghitung Usia dengan Datedif
=DATEDIF(C4,TODAY(),"Y") & " Tahun " & DATEDIF(C4,TODAY(),"YM") & " Bulan " &  DATEDIF(C4,TODAY(),"MD") & " Hari"

Itulah 3 rumus yang bisa kamu gunakan untuk menghitung umur seseorang berdasarkan informasi tanggal lahir. Kamu bisa gunakan rumus-rumus diatas sesuai kebutuhan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*