Cara Cepat dan Mudah Koreksi Hasil Ujian Siswa Dengan Excel

Menjadi seorang guru, tentu akan sering terlibat dengan evaluasi peserta didik. Hal ini dilakukan sebagai acuan untuk melihat sampai sejauh mana para peserta didik memahami materi yang sudah disampaikan oleh guru. Dalam melakukan evaluasi, biasanya para guru akan kesulitan dalam mengolah atau mengkoreksi jawaban yang sudah dikerjakan oleh siswa-siswanya. Apalagi ditambah dengan jumlah siswa yang banyak tentu saja akan banyak menyita waktu jika dilakukan secara manual.

Pada materi kali ini, ExcelNoob akan membuat sebuah tutorial untuk melakukan koreksi jawaban dari siswa dengan bantuan Microsoft Excel atau juga Aplikasi Spreadsheet lainnya agar bisa dilakukan secara otomatis sehingga bisa diselsaikan dengan dan mudah.

Membuat Koreksi Jawaban Dengan Excel

Untuk membuat Koreksi jawaban di Excel, tentunya langkah pertama adalah ibu atau bapak guru memasukan data siswa kedalam lembar kerja Excel berikut dengan Format Table yang sudah disesuaikan. Untuk Contoh Format Table bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Format bisa disesuaikan dengan keadaan di Masing-masing sekolah.

Jika table sudah dibuat, isikan nama siswa dan juga masih-masing jawabannya ke dalam kolom yg sudah disesuaikan dengan nomor soalnya. Untuk mengetahui jawaban yang benar dari setiap jawaban siswa, pada kolom Jml Benar isikan rumus berikut ini.

=SUMPRODUCT(--(RangekunciJawaban=RangeJawaban))

Karena Range Range Kunci Jawaban akan dibuat sebagai acuan, jangan lupa untuk menambahkan $ agar menjadi range Absolute. Untuk lebih jelas tentang Range Absolute, bisa dibaca di artikel Cell Relatif dan Absolute. Tujuanya agar ketika Rumus di copy Range kunci jawaban tidak berubah. Dan pada Range jawaban siswa dibiarkan relatif agar ketika di copy atau ditarik rumusnya, range jawaban akan mengkuti jawaban siswa.

=SUMPRODUCT(--($D$9:$M$9=D10:M10))

Selanjutnya, untuk mengisi kolom nilai bisa menggunakan rumus perkalian sederhana. Perkalian antara Jumlah Benar dengan Skor soal. Pada contoh diatas, Skor soal bernilai 10 karena jumlah soalnya yang ada di table adalah 10 soal sehingga 10×10=100 . Artinya jika semua jawaban benar akan mendapatkan nilai 10 sehingga 10 di kali 10 hasilnya 100. Untuk skor nilai bisa disesuikan dengan kondisi jumlah soalnya. Rumus untuk mengisi nilai adalah

=N10*$P$4

Untuk mengisi Deskrpsi pencapaian bisa menggunakan rumus IF dengan sintak rumus seperti dibawah ini

=IF(O10>=70,"Tercapai KKM","Belum Tercapai KKM")

Demikian lah cara cepat dan mudah mengkoreksi jawaban siswa dengan Excel. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu meringankan bapak atau ibu guru dalam mengkoreksi jawaban siswa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*