Cara Membuat Formula Google Sheet Auto Refresh

Ketika kamu membuat rumus dalam Google sheet terutama untuk rumus yang melakukan lookup data, kadang kamu ingin data tersebut bisa selalu Update misalnya setiap beberapa menit sekali. Sehingga informasinya yang ditampilkan selalu informasi terbaru.

Seperti contohnya, di Range B2 kamu membuat rumus untuk mendapatkan Rate Mata Uang yang otomatis diambil dari Google Finance, seperti yang saya buat dibawah ini.

Ambil Currency Google Sheet

Tentu untuk data seperti ini diperlukan Update secara berkala mengikuti sumber aslinya. Namun sayangnya Update hanya terjadi ketika kamu mengedit rumusnya atau ketika kamu membuka file tersebut.

Membuat Rumus Auto Refresh Setiap 1 Menit

Jika kamu membuat lookup data baik data internal ataupun ke External dari luar Google Sheet, untuk google sheet standar akan melakukan update pada saat kamu membuka File ataupun ketika kamu melakukan perubahan secara lansung pada cellnya.

Lalu bagaimana cara agar Rumus bisa melakukan Auto Refresh misalnya setiap 1 menit sekali. Berikut ini adalah beberapa langkah agar Google Sheet bisa melakuka refresh data 1 Menit sekali.

Pertama masuk ke File -> Spreadsheet Settings

Spreadsheet Setting

Pada jendela spreadsheet setting, pilih TAB Calculation

jendela Spreadsheet Setting

Pada halaman calculation, pada pilihan Recalculation kemudian pilih on change and Every Minute jika ingin dilakukan Auto refresh data setiap 1 menit sekali.

Autorefresh Google Sheet

Jika sudah kemudian Save Settings. Setelah ini Google Sheet akan melaukan recalculation setiap menit sekali dan juga ketika ada perubahan didalam Cells.

Dampak mengaktifkan Auto Refresh

Saat kamu mengaktifkan Auto recalculation setiap menit. akan ada berepa rumus yang tidak akan terdampak auto refresh ini. Rumus yang akan melakukan recalculation hanya rumus-rumus volatile saja seperti rumus NOW, TODAY, RANDBETWEEN dll.

Selain itu kamu juga harus berhati jika google sheet kamu memiliki data yang banyak dan dengan rumus yang rumit seperti gabungan rumus IF atau melakukan INDEX dan MATCH. Tentu dengan Auto Refresh ini akan menyebabkan Google Sheet terasa berat dan Not responding untuk beberapa waktu.

Ada baiknya Auto Refresh ini digunakan pada data yg sedikit saja dan data yang membutuhkan Update secara berkala seperti rumus Rate Mata uang diatas. Sehingga dengan data sedikit tidak akan membebani kerja Google Sheet terlalu berat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*