Cara Menggunakan Fungsi Month Pada Fungsi Query Google Sheet

Pengunaan rumus Month Pada Excel ataupun pada Google Sheet akan menghasilkan Index bulan pada tanggal yang kita cek. Fungsi Month ini juga bisa kita gunakan dalam Fungsi Query yang ada di Google Sheet. Fungsi Month pada Formula dan Fungsi Month pada Query memiliki fungsi yang sama yaitu menghasilkan index bulan. Tetapi ada sedikit perbedaan pada hasil index Month kedua formula ini.

Perbedaan hasil yang dihasilkan Fungsi Month pada Fungsi Query adalah Index berawal dari 0. Jadi untuk Bulan January berisi 0, Februari berisi 1 dan seterusnya. sedangkan pada Formula Month Index berawal dari 1. Tapi hal ini tidak akan bergitu menyulitkan karena hal ini sangat mudah diatasi dengan sedikit trik.

Penggunaan Month pada Fungsi Query

Pada tutorial kali ini, kita tidak hanya akan belajar penggunaan Fungsi Month saja tetapi juga sekligus belajar bagaimana membuat laporan berdasarkan bulan dengan Fungsi Query yang sangat simple. Contoh datanaya seperti dibawah ini.

Dengan kasus yang lebih mudah terlebih dahulu , disini kita akan coba buat sebuah rumus yang akan menampilkan Jumlah Buah berdasarkan Bulan. Rumus yang digunakan adalah seperti ini.

=query(A1:C10,"Select Month(A)+1 , SUM(C) Group By A")

dan hasilnya akan seperti ini

pada rumus diatas terdapat Month(A) + 1, plus 1 dimaksudkan untuk mengakali Index bulan yang dihasilkan Month pada Query dimulai dari 0. Kita juga bisa mengubah Judul kolom yang ada di sum(month(Tanggal)1()) dengan menggunakan Rumus Label yang sudah saya bahas di Artikel berikut. Cara mengubah Nama Kolom di Fungsi Query

Setelah menggunakan Label Hasilnya akan menjadi seperti ini

Untuk Rumus yang lebih Komplek Kita juga menampilan data Perbulan dengan Masih masih jenis buah, dengan rumus seperti ini

=query(A1:C10,"Select Month(A)+1 , B,SUM(C) Group By A,B Label Month(A)+1 'Bulan'")

Tidak sampai disini, dengan rumus query ini, kita juga bisa membuat table dari hasil query diatas kita masukan kembali kedalam rumus query untuk menghasilkan laporan Jumlah Buah perbulan dengan data yang mudah dibaca. rumus nya adalah

=query(query(A1:C10,"Select Month(A)+1 , B,SUM(C) Group By A,B Label Month(A)+1 'Bulan'",1),"Select Col1, Sum (Col3) group by Col1 Pivot Col2")

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*