Cara Mengubah Nama Kolom Hasil Fungsi Query Google Sheet

Hasil Formula Query dengan Agregat Sum dan atau Count akan menghasilkan Nama kolom yang kurang enak dilihat. Nama kolom hasil angregat akan dibuat oleh Query dengan Fungsi Agregat yang digunakan. Bisa dilihat pada gambar dibawah dimana nama kolom akan dibuat oleh Fungsi Query.

Seperti yang kita lihat kolom penjulan berubah menjadi Sum Penjualan, lalu bagaimana cara mengubah nama kolom tersebut menjadi Nama kolom yang kita inginkan. Misalkan kita ingin mengubahnya menjadi Total. Pada Query SQL kita bisa dengan mudah merubah nama kolom dengan menambah as misalnya Select t1.Column as Total . sayangnya hal ini tidak bisa kita lakukan di Query Google Sheet. Lalu bagaimana jika hal ini ingin kita lakukan pada Query?

Pada tutuorial kali ini Excelnoob akan menjelaskan bagaimana cara mengubah nama kolom pada Query menjadi nama yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Untuk merubah nama kolom sum penjualan menjadi total, kita memerlukan 1 Query lagi yaitu Label. dengan Label ini lah kita bisa mengubah nama kolom menjadi seperti yang kita inginkan. Misalnya pada contoh diatas kita akan ubah menjadi Total, maka querynya akan menjadi seperti ini

=query(Data!A1:C8,"Select B,SUm(C) Group By B LABEL SUM(C) 'Total'")

dan hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini

Jika ada lebih dari satu kolom yang ingin kita ganti Label nya, kita tidak pelu lagi menuliskan Label, cukup tuliskan nama kolom dan juga nama label yang ingin digunakan diawali dengam comma (,) . Contoh penulisannya seperti dibawah ini :

=query(Data!A1:D8,"Select B,SUm(C),SUM(D) Group By B LABEL SUM(C) 'Total', SUM(D) 'Jumlah'")

Untuk tiga kolom atau lebih caranya sama seperti diatas. hanya perlu menambahkan nama kolom dan label yang diinginkan. Demikian Artikel kali ini, ditunggu untuk artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung di Excelnoob.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*