Format Sistem Penanggalan di Excel Menurut jenis Kalender dan Kode Negara

Jika kamu pernah menggunakan Rumus TEXT untuk mengubah bahasa pada penanggalan di excel, tentu pernah melihat angka-angka yang ada didalam Bracket [ ].

Seperti [$-21] atau [$-421] untuk penanggalan Bahasa Indonesia. atau mengubah tanggal ke hijriah yang menggunakan [$-1170401]. Angka-angka tersebut kita dapatkan dari Group atau dari Blog-blog yang membahas Excel tanpa adanya penjelasan lebih lanjut.

Pernahkah kamu bertanya tentang sistem yang digunakan dalam angka-angka tersebut? dari mana angka-angka tersebut? dan bagaimana Excel mengenali angka-angka tersebut menjadi sistem penanggalan.

Locale Identifier (LCID)

LCID atau Languange Code Indentifier adalah sekumpulan informasi preferensi pengguna yang terkait dengan bahasa daerah. Kode ini menentukan bagaimana tanggal, waktu, mata uang, dan angka diformat, bagaimana item diurutkan berdasarkan abjad, dan bagaimana string dibandingkan. Pengidentifikasi lokal (LCID) adalah nilai 32-bit yang secara unik mendefinisikan lokal.

Pada penggunaan rumus TEXT atau Format Cell, Indentifikasi lokal membutuhkan 8 digit Kode LCID. Format penggunaanya adalah sebagai berikut.

 =TEXT(Cell,"[$-NNCCLLLL]")

2 Digit LCID Number Type (NN)

Dua digit pertama adalah jenis penulisan angka yang akan digunakan. Digit ini menginformasikan jenis penomoran apa yang akan digunakan. Jika bagian ini kosong atau tidak diisi maka akan dianggap sebagai 00 atau penulisan angka yang mengikuti sistem komputer (System Default).

Jika penomoran pada sistem komputer menggunakan Western seperti 123 maka akan menggunakan fomat yang sama. Begitu juga jika sistem komputer menggunakan format Bahasa Arab maka System Default akan mengikuti.

Beberapa tipe penulisan angka yang dikenali bisa dilihat dibawah ini.

Code Representation Numeral Main
00 System Default (di set di Control Panel)
01 1234567890 Western
02 ١٢٣٤٥٦٧٨٩٠ Arabic-Hindi
03 ۱۲۳۴۵۶۷۸۹ Extend Arabic-Hindi
04 १२३४५६७८९० Sanskrit
05 ১২৩৪৫৬৭৮৯০ Bangali
06 ੧੨੩੪੫੬੭੮੯੦ Gorumuchi
07 ૧૨૩૪૫૬૭૮૯૦ Gujarati
08 ୧୨୩୪୫୬୭୮୯୦ Oriya
09 ௧௨௩௪௫௬௭௮௯0 Tamil
0A ౧౨౩౪౫౬౭౮౯౦ Telugu
0B ೧೨೩೪೫೬೭೮೯೦ Kannada
0C ൧൨൩൪൫൬൭൮൯൦ Malayalam
0D ๑๒๓๔๕๖๗๘๙๐ Thai
0E ໑໒໓໔໕໖໗໘໙໐ Laotian
0F ༡༢༣༤༥༦༧༨༩༠ Tibetan
10 Burmese
.. .. ..[Skip]
26 Korean Type 3
27 Korean Type 4

Kode number diatas adalah 2 digit kode heksadesimal dari 00 sampai dengan FF sebanyak 256 List. Tetapi tidak semuanya terisi kode number.

Contoh pengunaan format nomor bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

=TEXT(A1,"[$-NN000000] #")
'NN = adalah Kode Tipe Number
Penanggalan Excel LCID Format Number

2 Digit LCID Calendar Type (CC)

Dua digit selanjutnya dari LCID adalah Calendar Type atau jenis penanggalan yg digunakan. Sama seperti Number Type jika bagian ini tidak diisi maka akan dianggap sebagai 00 atau penanggalan yang mengikuti sistem komputer (System Default).

Beberapa kode penanggalan bisa dilihat pada table dibawah ini. Kode LCID tidak semua terisi kerena penanggalan yang digunakan tidak terlalu banyak dan kode-kode ini bukan dari publikasi resmi.

Code Calendar Type
00 System Default (di set di Control Panel)
01 Gregorian calendar (localization)
02 Gregorian calendar (United States)
03 Japanese calendar
04 Taiwan calendar
05 Korean calendar (Tanji)
06 Hajj (Arab Lunar Calendar)
07 Thai
08 Jewish Calendar
09 Gregorian calendar (Middle Eastern French)
0A Not Officially published
0B Not Officially published
.. …. [skip]
10 Not Officially published
17 Hajj (Arab Lunar Calendar)

Kode ini adalah 2 digit kode heksadesimal dari 00 sampai dengan FF.

Contoh pengunaan tipe kalender seperti dibawah ini

=TEXT(A1,"[$-00CC0000] #")
'CC = adalah Kode Tipe Kalender
Penanggalan Excel LCID Format Calendar

4 digit LCID Languange Code (LLLL)

Empat digit terakhir adalah kode negara dan bahasa yang akan digunakan. Kode ini mencangkup semua negara yang ada dan bahasa yang bisa digunakan.

Sebagian list dari LCID bisa dilihat ditable dibawah ini.

Language ID Language Tag Language – Location
0401 ar-SA Arabic – Saudi Arabia
0402 bg-BG Bulgarian – Bulgaria
0403 ca-ES Catalan – Spain
0404 zh-TW Chinese (Traditional) – Taiwan
0405 cs-CZ Czech – Czech Republic
0406 da-DK Danish – Denmark
0407 de-DE German – Germany
0408 el-GR Greek – Greece
0409 en-US English – Unites States
040A es-ES Spanish – Spain
040B fi-FI Finnish – Finland
040C fr-FR French – France
040D he-IL Hebrew – Israel
040E hu-HU Hungarian – Hungary
040F is-IS Icelandic – Iceland
0410 it-IT Italian – Italy
0411 ja-JP Japanese – Japan
0412 ko-KR Korean – Korea
0413 nl-NL Dutch – Netherlands
0414 nb-NO Norwegian – Norway
0415 pl-PL Polish – Poland
0416 pt-BR Portuguese – Brazil
0417 rm-CH Romansh – Switzerland
0418 ro-RO Romanian – Romania
0419 ru-RU Russian – Rusia
041A hr-HR Croatian – Croatia
041B sk-SK Slovak – Slovakia
041C sq-AL Albanian – Albania
041D sv-SE Swedish – Sweden
041E th-TH Thai – Thailand
041F tr-TR Turkish – Turkey
0420 ur-PK Urdu – Pakistan
0421 id-ID Indonesian – Indonesia
0422 uk-UA Ukrainian – Ukraine
0423 be-BY Balarusian – Belarus
0424 sl-SI Slovenian – Slovenia

Language ID terdiri dari 4 Digit kode heksadecimal. Selain menggunakan LCID, untuk penggunaan bahasa bisa juga menggunakan Language TAG, untuk contoh pengunaan bisa di baca di Artikel : Mengganti Bahasa Pada Penggunaan Rumus TEXT

Contoh Penggunaan TEXT dengan LCID

Setelah kita mengetahui ID dari masing-masing digit LCID, untuk penggunaannya cukup mudah. Kita hanya perlu memasukan masing-masing kode yang kita butuhkan untuk membentuk penanggalan yang kita kehendaki.

Sebagai contoh, kita ingin sebuah hasil penanggalan di Excel dalam Kalender Hijriah dalam Bahasa Indonesia dengan penomoran Gregorian. Maka komponen yang kita butuhkan adalah.

=TEXT(A1,"[$-01060421] DDDD, DD MMMM YYYY")
  • 01 = Penomoran Gregorian (Number Type)
  • 06 = Penanggalan Hijriah (Calendar Type)
  • 0421 = Bahasa Indonesia (Language Type) (Release B)

Hasil dari rumus diatas bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Penanggalan Excel LCID Format Hijriah

Contoh lain, jika ingin menggunakan penomoran Arab maka bisa menggunakan 02 pada digit NN nya dan hasilnya bisa dilihat seperti dibawah ini

Penanggalan Excel LCID Format Hijriah Arabic

Untuk contoh lain bisa dilakukan kombinasi antara penomoran, penanggalan dan bahasa yang ada. Banyak sekali kombinasi yang bisa dilakukan jika ingin mencoba.

Penulisan Format Sederhana

Untuk memudahkan dalam penggunaan LCID, tidak semua digit harus digunakan. Masing-masing digit bisa disederhanakan dalam bentuk yang lebih ringkas. Cara menyederhanakan format LCID dibagi kedalam dua bagian.

Bagian pertama ada Languange ID yaitu pada bagian LLLL. Pada bagian Kedua ada Calendar ID dan Number ID yaitu pada bagian CCNN.

Bagian 1

Untuk bagian pertama, digunakan untuk menyederhanakan penulisan format bahasa.

Misalnya jika ingin menggunakan bahasa penanggalan saja tanpa mengganti penomoran dan penanggalan (CCNN akan dianggap 0000). Untuk penulisan format sederhana cukup tuliskan kode Languange ID seperti “[$-LLLL]“. Contoh, jika ingin mengubah tanggal ke dalam bahasa Indonesia cukup dengan “[$-0421]“, atau ingin mengubah tanggal ke bahasa Korea cukup dengan [$-0411].

Karena hanya ditulis 4 digit, untuk 4 digit awal dari kode CCNN akan dianggap sebagai Default system. Ini sama artinya dengan [$-00000421].

Pada bagian ini juga masih bisa disederhanakan dengan menghilangkan Nol didepan sehingga menjadi “[$-421]“. Contoh penerapannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Bagian 2

Untuk bagian kedua, digunakan untuk menyederhakan penulisan Calendar dan Number type. Caranya dengan menambahkan comma (,) setelah simbol dash (-).

Contoh, jika ingin menggunakan penomoran arab dan bahasa yang digunakan mengikuti sistem (LLLL dianggap 0000) . maka untuk penulisannya cukup dengan “[$-,CCNN]” .

Misalnya akan menggunakan penomoran Arab-hindi pada tanggal di Excel. Maka, LCID bisa dibuat seperti ini “[$-,0200]“. Kode ini sama artinya dengan penulisan “[$-02000000]” dimana LLLL akan diambil dari Default System atau mengikuti bahasa komputer yang digunakan.

Pada bagian ini, masih bisa disederhanakan dengan menghilangkan Nol diawal sehingga cukup dengan “[$-,200]“. Contoh penggunaan bisa dilihat digambar dibawah ini.

Perbedaan 421 dan 21 pada LCID Bahasa Indonesia

Karena ini adalah blog berbahasa Indonesia, yang akan saya soroti adalah penggunaan [$-421] dan [$-21] dalam penggunaan rumus TEXT untuk mengubah tanggal menjadi bahasa Indonesia.

421 dan 21 adalah dua LCID yang berbeda walaupun jika kita lihat pada kode LCID untuk Languange ID selalu diawali dengan 04**.

0x0421 adalah LCID untuk Bahasa Indonesia pada LCID Release B. Artinya LCID ini diperkenalkan pada Sistem Windows NT dan diatasnya. Sedangkan 0x0021 adalah LCID untuk bahasa Indonesia pada LCID Release 7 atau LCID yang diperkenalkan pada Sistem Windows 7 dan diatasnya.

Untuk pengguna yang saat ini sudah menggunakan windows 10, kedua LCID diatas tidak akan mengalami perbedaan dan keduanya akan menghasilkan Format penanggalan Excel dalam bahasa Indonesia dengan baik.

Penutup

Dengan mengetahui kode ditiap-tiap digit pada LCID, kita bisa menggunakan rumus Excel TEXT lebih maksimal. Digit-digit LCID seperti Kode Kelander, Kode Penomoran dan Kode Bahasa bisa kita kombinasikan untuk menghasilkan sebuah format yang sesuai dengan apa yang kita harapkan.