Kenapa Angka Dengan Lebih dari 15 Digit Berubah Nol?

Bagi pengguna spreadsheet, baik itu Microsoft Excel ataupun Googe Sheet atau bahkan pengguna LibreOffice, tentunya sudah tidak asing dengan batasan angka yang ada pada spreadsheet.

Seperti yang kita tahu, ketika kita menulis sebuah angka pada Cell Excel misalnya dengan jumlah digit yang lebih dari 15 digit, digit terkahir akah berubah menjadi nol sekeras apapun kita merubahnya.

Hal Ini berlaku pada semua versi Microsoft Excel, termasuk pada versi terbaru saat ini yaitu 2019 dan 365.

Perubahan otomatis menjadi nilai Nol pada digit terakhir bisa dilihat contohnya pada gambar dibawah ini.

15 digit Excel

Limit 15 Digit Angka di Spreadsheet

Sepintas kita tidak akan menyangka bahwa di dalam Excel ada batasan angka yang bisa ditampilkan dalam 1 Cell hanya 15 digit saja. Mungkin kita akan berpikir itu sangat sedikit.

Jika 15 digit tersebut kita konversikan ke uang, itu sama dengan kuadriliun atau 1000 Triliun. Tentu itu uang yang sangat banyak sekali dan akan sangat jarang kita temui berada di lingkungan excel.

Siapa yang akan memiliki uang sebanyak itu?

Kembali lagi ke batasan Spereadsheet yang hanya bisa menampung 15 digit angka saja. Alasan dibalik batasan itu, bukan karena tingkatan uang yang sangat jarang, tetapi ada aturan yang mengatur dan Microsoft Excel tunduk dengan aturan tersebut.

Floating Point Type Data

Jika kita lihat jauh kedalam, apapun yang kita lihat secara visual pada layar komputer, apapun itu, disimpan dalam bentuk biner 1 dan 0.

Sebelum membahas lebih jauh, yang perlu diketahui dalam menyimpan data berupa angka, Excel menyimpan data tersebut dalam Float atau Floating Point atau bisa disebut dengan angka pecahan.

misalnya jika kita inputkan angka 3045,23. Komputer akan menyimpannya dalam bentuk

01000101001111100101001110101110

Artinya ada konversi antara nilai yang diinput dengan nilai yang disimpan.

Ada 3 komponen penting dalam Bit yang digunakan untuk menyimpan angka dalam bentuk float, yaitu Sign Bit, Exponent dan Mantisa

Sign Bit adalah Bit yang digunakan untuk menandakan bilangan tersebut negatif atau positif. Sedangkan Mantisa menentukan digit dalam angka tersebut, sementara Exponent Bit menentukan nilai berapa besar pangkat pada bagian mantisa tersebut (pada posisi titik desimal). Dibawah ini gambaran untuk Float 32 Bit bagaimana 3045,23 disimpan.

Floating Point Format IEEE 754 32 Bit Excel

Selain tipe data float yang pertama seperti pada gambar diatas, yang disebut dengan single floating point (32 Bit) ada juga yang disebut dengan Double floating point (64 bit). Perbedaannya pada 64 bit, exponent menjadi 11 Bit sedangkan Mantisa menjadi 52 Bit. Type Data Double inilah yang digunakan oleh Excel Untuk menyimpan Angka.

Kembali lagi ke angka yang kita inputkan di Excel. Pada prosesnya antara Input dan menyimpan ada sebuah proses konversi dari apa yang kita lihat diubah menjadi bilangan yang bisa komputer simpan.

Pada contoh angka 3045,23 saat kembali ditampilkan akan mengalami Error due to conversion sebesar -0.00001953125. Jadi Angka yang diinput, disimpan dan ditampilkan menjadi tidak presisi.

Untuk memahami error konversi ini, kita coba didalam Excel secara langsung untuk mengetahui bagaimana batasan desimal bekerja.

Jika kita coba didalam Excel, Misalnya di A1 ada sebuah nilai 7,11 dan di A2 ada nilai 7,10 jika kita buat rumus A1-A2 hasilnya tentu akan 0,01 (7,11 – 7,10). Kemudian di C3 kita inputkan angka 0,01 dan di E3 buat rumua = A3=C3 (0,01=0,01) maka hasilnya akan FALSE. dimana harusnya hasilnya adalah TRUE

Kok bisa? secara hitungan dan juga yang terlihat harusnya TRUE karena 0,01 itu sama dengan 0,01. benar? lalu kenapa Excel menyatakan ini tidak sama?.

Jika kita teliti, yang sebenarnya terjadi adalah Nilai yang ada di C3 mengalami Error due to conversion. Nilai sebenarnya dari 0,01 tersebut adalah

Ada penambahan angka sangat kecil sebesar 0,00000000000070000 Darimana datangnya tambahan nilai tersebut?.

Dalam batasan digit Microsft Excel sebanyak 15 digit ini dikarenakan kurang lebih hal seperti ini. Maksimal digit yang bisa dihasilkan agar memberikan nilai yang tepat sebagaimana yang sudah standarisasi dalam IEEE 754.

IEEE 754

IEEE adalah Institute of Electrical and Electronics Engineers adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk pengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.

IEEE ini banyak memiliki unit kerja, misalnya untuk LAN IEEE 802, jika kita membeli sebuah Device yang ada Networknya pasti sering melihat angka 802 ini atau 802.11 untuk Wireless LAN.

Salah satu unit kerjanya ada IEEE 754, ini yang mengantur tentang Standard for Floating-Point Arithmetic. Microsoft Excel dibuat dilingkungan IEEE 754 sebuah standar yang mengatur bagaimana floating number ini disimpan dan dihitung.

Didalam Microsoft Excel yang menggunakan Double precision Batas presisi digit Angka untuk Double precision pada IEEE 754 adalah sebanyak 15,995 digit. Ini didapatkan dari mantissa 52 bit ditambah 1 bit implisit, total presisi dari representasi floating-point 64-bit ini menjadi 53 × log10(2) = 15.995. Itulah kenapa pada digit ke 16 dan seterusnya angka berubah menjadi nol (0). Untuk lebih jelasnya bisa di baca di wikipedia.

Cara Memperbaiki Batasan 15 Digit Angka di Excel

Untuk mengatasi angka 15 digit, sayangnya tidak ada cara lain. Karena ini adalah sebuah aturan yang harus diikuti agar angka yang dihasilkan tetap presisi.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan tidak menyimpannya sebagai angka tetapi simpan menjadi jenis Text. Jenis Text memungkinkan untuk disimpan kedalam Cell Excel hingga 1024 karakter (yang ditampilkan).

Tentu ada perbedaan antara jenis text angka. Kekurangan dari jenis text adalah tidak bisa dilakukan operasi matematika seperti penjumlahan , pengurangan , kali, bagi dan lain-lain.

Walaupun begitu, ini akan tetap bisa digunakan, jika angka-angka yang akan diinputkan adalah angka yang bukan digunakan untuk operasi matematika misalnya untuk NIK KTP, No ATM , No Handphone dll.

Jenis Angka tersebut tentu tidak akan bermasalah jika disimpan dalam bentuk Text.

Cara menginputkan angka yang lebih dari 15 digit dengan format text kedalam Spreadsheet.

  1. Block Range

    Blok Area yang akan di inputkan dengan angka

  2. Fomat Cell

    Masih dalam Cell terblock, buka Format Cell melalui menu atau melalui Shortcut CTRL + 1

  3. Ubah Format Menjadi

    Ubah Format Cell menjadi type TextFormat Cell Excel text

Dengan cara diatas, angka yang lebih dari 15 digit bisa diinputkan kedalam excel tetapi dalam format text. Seperti yang terlihat pada kolom B dibawah ini

Text bisa menyimpan lebih dari 15 digit di Excel

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*