Memahami Apa Itu Row, Column, Cell dan Range Pada Excel

Setelah kita membuka Aplikasi Microsoft Excel, selanjutnya yang harus kita fahami adalah pengertian dari Row, Column , Cell dan Range. Sehingga ketika nanti bertemu dengan istilah-istilah ini, sudah tidak asing lagi. Tampilan Microsoft Excel atau aplikasi spreadsheet lainnya akan terlihat seperti table atau kotak kotak dalam table bersekala besar. Kotak-kotak itu lah yang di sebut dengan istilah-istilah yang sudah disebutkan diatas.

Agar lebih memahami, Excelnoob akan coba bahas satu-persatu istilah-istilah diatas.

Row

Row jika dalam bahasa Indonesia bisa diartikan baris. Dengan perkembangan Excel saat ini, Jumlah baris yang bisa ditampung oleh Ms Excel mencapai hinga 1.048.576 baris. Itu artinya Nomor yang ada pada sebelah kiri dimulai dari Nomor 1 hinga 1.048.576. Dilihat pada gambar Area yang di blok berada pada Baris atau Row ke 3.

Column

Column atau bisa juga disebut Kolom dalam bahasa indonesia adalah Area pada bagian atas pada Spreadsheet Excel. Kolom ini dimulai dari Abjad A sampai dengan XFD atau sebanyak 16.384 kolom. Dilihat pada gambar kolom yang dipilih adalah kolom D atau kolom ke 4.

Cell

Cell atau bisa juga sebut dengan Sel adalah pertemuan dari Column dan juga Row sehinga menghasilkan sebuah Alamat. Misalnya kita pilih Cell E5 itu artinya Cell berada di Kolom E dan Baris ke 5. Tanda E5 ini akan terlihat dalam NameBox

Range

Range adalah kumpulan dari beberapa Cell. Saat kita memblok beberapa cell sekaligus maka itu disebut range. Misalnya dari B2 sampai ke B7 maka akan menghasilkan alamat Range B2:B7. Dan alamat range ini akan terlihat di NameBox. Jika diperlukan, alamat range yang sudah kita blok bisa kita beri nama sesuai kenginginan di Namebox.

Mengelola Cell dan Range

Untuk berpindah Cell atau memilih cell, bisa dilakukan dengan mengklik dengan Mouse atau mengunakan tombol arah yang berada pada Keyboad. Seperti tombol Arah Atas untuk bepindah keatas, Arah bawah ke bawah dan setrusnya.

Untuk mengedit isi Cell, bisa dilakukan dengan cara mengklik 2 kali (Double Click) atau bisa juga menggunakan Tombol Keyboard F2.

Kembali ke Index (Belajar Excel Dasar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*