Mengganti Bahasa Pada Penggunaan Rumus TEXT di Excel

Jika kita menggunakan Microsoft Excel dalam bahasa inggris, ketika kita menggunakan rumus =Text(A1,”DDDD, DD MMMM YYYY”) tentu saja rumus tersebut akan menghasilkan text tanggal dalam bahasa inggris juga. Begitu juga untuk pengunaan Excel dalam bahasa lain, misalnya spanyol. Hasil dari rumus tersebut akan mengikuti bahasa sesuai yang digunakan dalam systemnya.

Lalu apakah bisa kita tentukan tentang penggunaan bahasa yang akan ditampilkan dalam rumus Text tersebut?.

Sebenarnya ada beberapa cara menampilkan text tanggal dalam bahasa yang berbeda dan tidak mengikuti bahasa pada regional setting.

Misalnya jika kita sudah terbiasa menggunakan Excel dalam bahasa inggris tetapi ingin memunculkan format tanggal dalam bahasa indonesia, itu sangat mungkin untuk dilakukan.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Format Cell. Dengan Format Cell kita bisa dengan mudah mengubah bahasa yang akan ditampilkan dalam format tanggal dengan cara mengganti Locale(location) pada windows Format Cell pada tab Date.

Menggunakan Formula Text

Jika tidak mengubah melalui Format Cell, dan ingin mengubah dengan cara rumus, untuk format tanggal kita bisa gunakan rumus TEXT dengan menambahkan kode negara didalam formatnya. misalnya untuk menghasilkan format bahasa indonesia bisa menggunakan rumus

=TEXT(A1,"[$-0421] DDDD, DD MMMM YYYY")

Kode yang ada dalam apitan kurung siku selain simbol Dollar ($) dan Dash (-) adalah 4 digit kode Hexa dari Windows Language Code Identifier (LCID) tentunya ada banyak sekali kode-kode tersebut.

Kode-kode LCID ini secara lengkap dibahas pada artikel : Format Sistem Penanggalan di Excel Menurut jenis Kalender dan Kode Negara

Garis bersarnya LCID pada rumus TEXT ini membutuhkan 8 digit kode Hexa sebagai pengkodean untuk penomoran, tanggal dan bahasa yang digunakan.

Pada contoh kali ini, disini hanya akan menggunakan 4 digit kode hexa dari Kode Bahasa yang bisa dilihat seperti dibawah ini.

Language IDLanguage TagLanguage – Location
0401ar-SAArabic – Saudi Arabia
0402 bg-BGBulgarian – Bulgaria
0403ca-ESCatalan – Spain
0404zh-TWChinese (Traditional) – Taiwan
0405cs-CZCzech – Czech Republic
0406da-DKDanish – Denmark
0407de-DEGerman – Germany
0408el-GRGreek – Greece
0409en-USEnglish – Unites States
040Aes-ESSpanish – Spain
040Bfi-FIFinnish – Finland
040Cfr-FRFrench – France
040Dhe-ILHebrew – Israel
040Ehu-HUHungarian – Hungary
040Fis-ISIcelandic – Iceland
0410it-ITItalian – Italy
0411ja-JPJapanese – Japan
0412ko-KRKorean – Korea
0413nl-NLDutch – Netherlands
0414nb-NONorwegian – Norway
0415pl-PLPolish – Poland
0416pt-BRPortuguese – Brazil
0417rm-CHRomansh – Switzerland
0418ro-RORomanian – Romania
0419ru-RURussian – Rusia
041Ahr-HRCroatian – Croatia
041Bsk-SKSlovak – Slovakia
041Csq-ALAlbanian – Albania
041Dsv-SESwedish – Sweden
041Eth-THThai – Thailand
041Ftr-TRTurkish – Turkey
0420ur-PKUrdu – Pakistan
0421id-IDIndonesian – Indonesia
0422uk-UAUkrainian – Ukraine
0423be-BYBalarusian – Belarus
0424sl-SISlovenian – Slovenia

Selain menuliskan 4 digit dari kode LCID tersbebut kita juga bisa mengabaikan angka Nol (0) yang ada di depan, misalnya untuk bahasa indonesia bisa di singkat menjadi [$-421].

Table diatas adalah LCID berdasarkan LCID Release B atau LCID yang digunakan dalam versi windows NT keatas. Untuk penguna bahasa indonesia pada Release 7 (Windows 7) LCID bahasa indonesia sudah bisa mengunakan [$-21]

Selain menggunakan kode LCID, kita juga bisa menggunakan Langguage Tag dengan Format sebagai berikut.

[$-Kode Bahasa - Kode negara]

Kode negara dan kode bahasa ini sesuai dengan standar ISO 3166. Untuk bahasa indonesia dan negara indonesia bisa menggunakan [$-id-ID]. Daftar Languange Tag ini bisa lihat pada Language Tag pada table diatas.

Apakah kode bahasa dan kode negara ini bisa disingkat seperti pada kde LCID? bisa. kita bisa singkat menjadi ID saja menjadi [$-ID] atau [$-id]. Tapi sebaiknya tetepa ikuti aturan penulisan yang benar.