Menghitung Data Unik Menggunakan Formula Excel

Untuk saat ini, menghitung data unik akan sangat mudah dilakukan dengan hadirnya rumus baru yaitu rumus UNIQUE, namun rumus tersebut hanya ada pada versi Excel tertentu saja seperti di Excel 365 atau pada Excel Online dan Google Sheet. Data unik adalah data dimana data yang dihitung adalah data yang berbeda saja, sedangkan untuk data duplikat akan tetap dihitung satu.

Bagi kamu yang masih menggunakan Excel versi lama, dimana belum terdapat rumus UNIQUE, kamu masih bisa menghitung data unik tersebut walaupun dengan bantuan rumus Excel versi lama. Diantaranya rumus yang bisa digunakan adalah rumus SUMPRODUCT dan rumus COUNTIF.

Kedua rumus diatas bisa dikombinasikan untuk mencari data unik dengan melewatkan data duplikat. Sehingga setiap data yang bebeda akan dihitung satu saja.

Menghitung Data Unik Tanpa Cell Kosong

Untuk table data yang sudah ternormaliasi dengan baik, tentunya pada setiap baris sudah diisi dengan data yang baik. Dimana tidak ada cell kosong pada table datanya. Untuk jenis data seperti ini, rumus yang bisa digunakan untuk menghitung data unik bisa menggunakan rumus gabungan SUMPRODUCT dan COUNTIF tentunya rumus ini akan berjalan baik terutama jika range yang dihitung sudah berisi data.

Untuk rumus yang digunakan menjadi seperti dibawah ini.

 =SUMPRODUCT(1/COUNTIF(Range,Range))

Untuk contoh penggunannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Menghitung data unik Excel

Bagaimana cara kerja rumus diatas? rumus COUNTIF akan menghitung jumlah tiap Item nya, jika jumlah Item yang dihitung ada 3 maka akan menghasilkan 3, sehingga ketika ditambah 1/ hasilnya akan menjadi 1/3,1/3,1/3 jika dijumlahkan hasilnya akan menjadi 1, begitu juga yang jumlah Item nya ada 2, maka akan menjadi 1/2 , 1/2 dan jika dijumlahkan menghasilkan 1 juga.

Sehingga Item yang duplikat akan tetap dihitung 1 saja. Sedangkan rumus SUMPRODUCT berfungsi untuk menjumlahkan hasil item nya. Lalu bagaimana jika dalam Range cell yang akan dihitung terdapat cell kosong?.

Error Div hitung data unik excel

Rumus diatas masih memiliki sedikit kekurangan yaitu jika pada range terdapat cell kosong maka akan menghasilkan #DIV/0. Ini terjadi karena 1/0 akan menghasilkan error karena apapun yang dibagi 0 hasilnya tak hingga/ tak terdefinisi. Jika kondisi data memiliki cell kosong, bisa gunakan rumus dibawah ini

Menghitung Data Unik Dengan Cell Kosong

Untuk cara kedua ini, masih sama menggunakan SUMPRODUCT dan COUNTIF hanya saja ditambahkan lagi logika untuk mengecek bawah cellnya tidak kosong. Penggabungan rumusnya akan menjadi seperti ini

=SUMPRODUCT((Range<>"")/(COUNTIF(Range,Range&"")))

untuk contoh penggunannya bisa dilihat pada contoh dibawah ini

Menghitung data unik dengan cell kosong

Untuk cara kerja rumus diats masih sama dengan sebelumnya, hanya saja pembaginya bukan lagi 1 melainkan kondisi cell dimana ketika terisi pembaginya adalah TRUE dan ketika cell kosong pembaginya adalah FALSE.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*