Penggunaan WildCard Pada Rumus Excel

Apa itu wildcard? Berdasarkan wikipedia, wildcard adalah sejenis placeholder yang diwakili oleh satu karakter. Tidak hanya ada di Excel saja, wildcard ini juga ada pada software lain sehingga wildcard ini merupakan hal yang sangat general dalam dunia komputer.

Agar bisa lebih memahami apa itu wildcard, disini saya akan memberikan gambaran terkait dengan Wildcard pada rumus Excel.

Wildcard Excel pada Countif

Gambar diatas adalah contoh penggunaan wildcard pada rumus COUNTIF. Wildcard digunakan untuk melakukan pancarian “Fuzzy Matching” pada Text yang dicari.

Rumus diatas bisa diartikan untuk mencari Text Samsung dengan mengabaikan (text apapun) setelah kata samsung.

3 Jenis Wildcard Pada Formula

Penggunaan Wildcard tidak hanya di Excel saja tapi juga bisa digunakan pada spreadsheet lain seperti google sheet atau LibreOffice. Wildcard ini ada 3 Jenis

  • Asterisk [*]
  • Question Mark [?]
  • Tilde [~]

Asterisk

Penggunaan tanda bintang pada rumus excel dapat diartikan sebagai sejumlah karakter literal atau string kosong. Penempatan asterisk ini bisa diawal ditengah atau di akhir karakter. sebagai contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Question Mark

Penggunaan tanda tanya pada wildcard ini, digunakan untuk mewakili satu karakter. Tanda ini bisa digunakan lebih dari satu kali misalya (??) artinya mewakili dua, (???) mewakili tiga karakter dan seterusnya.

Tilde Mark

Ini adalah Escape karakter, Escape karakter adalah sebuah wildcard yang berfungsi mematikan fungsi wildcard. misalnya jika ingin mencari tanda (*) dan atau tanda (? )

jika diisi begitu saja, tentunya akan dianggap sebagai wildcard seperti yang sudah dibahas diatas. Agar tidak dianggap sebagai wildcard maka perlu ditambahkan escape karakter pada awal hurup. Misalnya jika ingin mencari asterisk menjadi (~*) dan juga jika ingin mencari Question Mark menjadi (~?).

Lalu bagaimana jika ingin mencari Tilde sendiri? cukup ketik tilde menjadi 2 kali (~~)

Wildcard ini bisa digabung antara wildcard yang satu dengan yang lainnya. jadi tidak harus satu jenis.

Wildcard hanya berfungsi untuk jenis text saja.

Fungsi Yang Compatible

Tidak semua fungsi bisa menggunakan wildcard hanya ada beberapa fungsi saja yang bisa menggunakan wildcard misalnya

  • AVERAGEIF, AVERAGEIFS
  • COUNTIF, COUNTIFS
  • SUMIF, SUMIFS
  • VLOOKUP, HLOOKUP
  • MATCH
  • SEARCH

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*