Rumus Double Unary atau Double Negative Pada Excel

Teman-teman Excelnoob pasti sudah pernah melihat dalam sebuah rumus Excel tendapat tanda Minus dua (- -). Mungkin bertanya-tanya, apa kegunaan atau fungsi dari rumus tersebut?. disini ExcelNoob Akan menjelaskan apa itu dan apa kegunaan dari rumus tersebut. Tanda minus dua tersebut adalat Double Unary atau Operasi unary. Ini adalah operasi dengan hanya satu operan atau satu input. Lalu apa fungsi dari rumus ini?

Sebelum ke penjelasan apa itu fungsi Double Unary, mari kita lihat bagaimana contoh penggunaan rumus unary ini dalam rumus Excel.

Misalnya, jika kita lihat di atas menunjukkan dua grup data yang masing-masing berisi enam nilai. Tiga nilai memiliki nilai yang sama sedangkan yang tiga yang lainnya berbeda. Rumus yang digunakan untuk menghitung nilai yang sama adalah:

=SUMPRODUCT(--(B5:B10=C5:C10))

rumus diatas digunakan untuk membandingkan Data A dan Data B, dari perbandingan dua kolom tersebut akan menghasilkan

=SUMPRODUCT(--({TRUE;TRUE;FALSE;FALSE;TRUE;FALSE}))

Karena kita ingin menghitung Nilai yang sama saja atau TRUE maka ditambahkan -- untuk mengubah nilai TRUE dan FALSE tersebut menjadi Nilai yang bisa dihitung yaitu 1 dan 0. Setelah menambahkan Double Unary hasil dari rumus tersebut menjadi.

=SUMPRODUCT({1;1;0;0;1;0})

Setelah seperti ini, tentu sumproduk bisa dengan mudah menghitung berapa hasil penjumlahan dari array tersebut. dan tentu saja hasilnya adalah 3.

Seperti yang telah kita buat dalam contoh soal diatas, fungsi rumus Double Unary atau Unary Operator ini adalah untuk mengubah nilai Boolean ( TRUE / FALSE ) menjadi sebuah bilangan yang bisa dihitung yaitu 1 dan 0.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*