Rumus Untuk Mendapatkan List File Dalam Folder Tanpa VBA

Untuk mendapatkan List File yang terdapat dalam sebuah Folder tertentu tidak akan bisa dicapai hanya dengan menggunakan Formula Excel Biasa. Jika kita tanya dalam sebuah Group Excel tentu akan diarahkan untuk menggunakan VBA Macro sebagai solusi untuk masalah diatas. Memang benar dengan VBA, memanipulasi File dan Folder sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan File System Object. Tapi ternyata masih ada jalan lain yang bisa dilakukan tanpa menggunakan VBA untuk kasus diatas.

Untuk mendapatkan List file yang terdapat dalam Folder, kita bisa memanfaatkan featur dari Excel Versi 4 yang masih ada hingga saat ini yang sering disebut juga dengan Excel 4 Macro. XL4macro ini adalah Warisan dari Excel versi lama dan ada cara-cara khusus untuk menggunakan rumus ini. karena jika kita cari rumus FILES di Formula pasti tidak ada ditemukan.

Langkah Pertama untuk Membuat isi File dari sebuah Folder adalah Kita siapkan Alamat Folder Pada kolom A1 diakhiri dengan tanda bintang. Pada contoh kali ini saya akan menggunakan Folder Music sebagai bahan latihan

Selanjutnya, untuk menggunakan Rumus FILES rumus dari Excel versi 4, kita harus menggunakan Name Manager yang ada pada Tab Formulas. isi Name dengan ListFile atau apapun sesuka kalian kemudian isi Refers To dengan Formula =FILES(Sheet1!$A$1). untuk contoh pengisian bisa lihat gambar.

Alamat Cells Pada A1 dalam Rumus Files mengacu pada lokasi Alamat Folder yang akan kita buat list Filenya. A1 dibuat Absolute agar saat dilakukan drag acuan Cells A1 tidak akan berpindah. Untuk mendapatkan List File, kita bisa menggunakan rumus Index =INDEX(ListFile,1)

Angka 1 pada pada rumus diatas adalah Index ke 1 dari Array ListFile, 1 menunjuka File ke 1 dalam List File, Agar angka 1 ini bisa dinamis dan rumusnya bisa kitatarik kebawah, kita bisa memanfaatkan rumus ROW(). Seperti yang kita tahu, Fungsi Row() akan menghasilkan Angka Sesuai dengan Refensi Cell yang kita tentukan.

Cek Existing File

Selain menampilkan list dari File , rumus ini juga bisa digunakan untuk mengecek apakah ada Nama File tertentu dalam Sebuah Folder yang telah kita tentukan. Misalkan kita memilki List Nama-nama file dan ingin di Cek apakah Nama-nama file tersebut ada pada Folder tersebut. Kita bisa menggunakan Rumus ini digabung dengan MATCH. sebagai contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Terkahir, jangan lupa save File dengan Extensi XLSM atau XLSB walaupun rumus diatas tidak menggunakan VBA tapi masih menggunakan Macro bedanya Bukan Menggunakan Bahasa Macro VBA tapi menggunakan Bahasa Macro XML dari Excel Versi 4.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*